13.2.13

Mainan Tak Hanya Untuk Bermain

Rush hour judul film? Bukan. Memang, sih, ada film yang judulnya Rush Hour. Sayangnya yang dimaksud di sini bukan film melainkan permainan. Rush hour atau traffic jam game adalah suatu permainan mencari jalan keluar. Sekian mobil disusun sedemikian rupa sesuai dengan yang tercantum dalam kartu. Kalau teman saya mengatakan ini adalah permainan menjadi tukang parkir. Memang benar. Kita sebagai pemain harus mengatur letak mobil-mobil yang tersusun sesuai kartu sedemikian rupa sehingga mobil yang berada di jalan keluar bisa melenggang keluar dari area permainan. Permainan ini mengasah logika berpikir kita. Namun, meskipun melatih logika berpikir, ternyata mainan ini bisa digunakan untuk berbagai kegiatan dengan tujuan yang berbeda. Misalnya kegiatan tantangan atau konseling. Beberapa kegiatan yang ternyata bisa dilakukan dengan rush hour ini antara lain:

1. Sebagai salah satu kegiatan tantangan bagi anak-anak gifted. Kalau subyeknya adalah anak-anak cerdas, permainan ini mengasah logika berpikir dan kemampuan mengelola perasaan atau emosi secara cepat. Pada anak gifted kecemasan merupakan salah satu karakteristik personal yang muncul.

2. Ketika melakukan konseling dengan area masalah motivasi. Observasi bagaimana respon anak ketika melakukan permainan ini dan responnya ketika mengalami kesulitan. Refleksikan mengenai perasaannya ketika mencapai keberhasilan/kegagalan dalam permainan. Strategi apa yang dilakukan untuk mengatasi kegagalan atau keberhasilan dalam permainan.

3. Konseling dengan area masalah perilaku. Masalah perilaku biasanya berkaitan erat dengan aturan. Anak dengan masalah perilaku biasanya dilaporkan sering melanggar aturan. Ketika menggunakan permainan ini, observasilah bagaimana anak mengikuti aturan permainan yang ada. Pada permainan ini, pemain hanya boleh memundurkan atau memajukan mobilnya. Pemain tidak boleh mengangkat dan memindahkan mobil ke lajur yang lain. Refleksikan bagaimana anak mengikuti aturan yang berlaku.

4. Konseling dengan area masalah interaksi sosial. Gunakan permainan secara berkelompok. Observasi bagaimana interaksi yang terjadi di dalam kelompok.

Adakah tujuan lain? kamu punya ide lain? Mari berbagi inspirasi.

^Iin^
13.2.13

No comments:

Post a Comment