24.2.13

Haru dan Aku: Nggak Terasa Sudah Punya 8.

Buku pertama yang aku beli adalah 'So, I Married the Anti-fan'. Ingat sekali, aku beli sewaktu aku ke Depok. Penasaran dengan isinya jadi nggak sabar untuk langsung beli. Nggak perlu nunggu di Bandung buat beli ini. Penasaran juga karena pengarangnya orang Korea asli. Bukan orang Indonesia yang mengambil nama tokoh dan lokasi di Korea. Tapi asli Korea! Sampai di Bandung, bukunya sudah tamat. Bagus! Tidak ada komentar lain. Haru mulai jadi inceran untuk membeli buku. Jadi, dibelilah 'Soulmate' dan 'Oppa & I' sementara menunggu 'My Boyfriend's Wedding Dress' terbit. Kemudian keluarlah 'My Boyfriend's Wedding Dress'. Langsung beli, dong. Suka! Tidak menyesal aku beli. Aha! 'Cheeky Romance' mau terbit. Sambil nunggu 'Cheeky Romance' keluar, aku tergoda beli 'My Name is Kim Sam Soon'. Rencananya, ingin menyamakan cerita versi film dan buku. Memang ada hal yang berbeda. Bukankah itu biasa? Buku kalau di-film-kan memang kadang ada bedanya. Akhirnya 'Cheeky Romance' terbit. Langsung beli. Suka banget! Eh.. ada iklan lagi di halaman belakangnya. Bakal terbit '4 Ways To Get Wife'. Duh.. harus nunggu-nunggu lagi. Ya sudah, cari 'Seoul Cinderella' dulu. Yang ini agak susah dicari. Beberapa kali ke toko buku yang berbeda tidak ketemu. Akhirnya ketemu juga, sih. Beli lagi, deh. Kemudian, saat liburan ke Cirebon, aku lihat '4 Ways To Get Wife' ternyata sudah keluar. Sempat menimbang-nimbang: beli-nggak-beli-nggak. Sudah banyak beli buku waktu itu. Tapi akhirnya dibeli juga. Sampai di Bandung, buku itu sudah tamat. Eh..aku sudah menyebutkan 8 judul buku, belum? Aku baru sadar setelah melihat foto di atas. Sadar bahwa aku sudah memiliki 7 buku dari buku-buku yang ada di foto itu. Ditambah 1 buku '4 Ways To Get Wife' yang tidak ada di dalam foto tersebut. Lupa, ya? Sementara 'My Boyfriends Wedding Dress' fotonya ada 2. :-) Jadi, waktu Haru nge-tweet: "Buku mana yang sudah kamu baca?" dan attach foto cover-cover bukunya (4 buku kalau nggak salah), aku jawab: "Aku sudah baca semua." 

Aku suka dengan cerita-cerita dalam buku karangan Kim Eun Jung. 'So, I Married the Anti-fan','My Boyfriends Wedding Dress', dan 'Cheeky Romance'. Ada kemiripan pada ketiga-tiganya. Gaya bahasa dan karakter tokohnya. Sebagai novel asli cerita Korea, hal itu memperkaya wawasan tentang bagaimana cara pengarang mengemas cerita. Selama ini, jarang ditemui novel dengan latar belakang Korea yang ditulis orang Korea asli. '4 Ways To Get Wife' pada cerita awal sampai hampir akhir cukup menarik. Agak-agak mengerutkan kening di bagian akhir. Agak kaget. Beda ya, dengan 3 novel korea sebelumnya. Setelah dipikir-pikir, "Oh, iya, beda pengarang." Aku lebih merasa sreg dengan novelnya Kim Eun Jung daripada Hyun Go Wun ini. Lebih sopan menurutku. '4 Ways To Get Wife' perlu ditambahkan genre: dewasa! Membaca novel-novel Korea ini, aku jadi berimajinasi. Membayangkan adegan-adegannya dalam bentuk film. Membayangkan siapa saja yang mungkin jadi pemerannya. Membaca novel-novel Korea ini seperti melihat K-drama. Asyik! Mudah-mudahan, Haru menerbitkan novel-novel terjemahan (asli) Korea lebih banyak lagi seperti novel-novelnya Kim Eun Jung. Novel dengan cerita yang asik tapi sopan. Terbitkan novel Eun Jung lagi, ya. Suka dengan novel-novelnya. Bukan berarti juga novel-novel Indonesia nggak bagus, ya. Aku juga suka membaca novel-novel Indonesia. Kalau bukunya Haru, Aku suka baca Oppa & I. Nggak bisa ditebak ceritanya. Hanya saja, aku kurang begitu suka dengan 'latah'-nya Indonesia.

Sekian saja cerita tentang Haru dan Aku. Semoga berkenan. Terima kasih.

No comments:

Post a Comment