1.2.14

Jangan Lelah Memberiku Semangat

Hai murid-muridku di kelas Program Tantangan SD4. 

Selamat pagi! 

Pasti kalian sekarang sedang berkumpul dengan keluarga. Sama. Aku juga. Tapi, aku sempatkan waktu sejenak menulis untuk dan tentang kalian. 

Aku ingin mengucapkan rasa terima kasih. Aku tidak pernah bilang bahwa kalian adalah obor. Ya, obor yang menyulut semangatku untuk mengajar. Di depan kelas, aku hanya mengatakan "senang" karena kalian begitu rajin mengumpulkan jurnal dan portofolio. Di depan kelas, aku hanya mengatakan "senang" karena kalian begitu semangat untuk presentasi. Di depan kelas, aku hanya mengatakan "bangga" karena tanggung jawab dan kemandirian kalian.

Ya, aku bangga dengan kalian semua. Aku tidak pernah bilang bahwa semangat kalian sudah menulariku. Kalian tidak pernah tahu, berada di antara dua kepala (dan aku di tengah-tengah) dengan ide yang sama-sama ingin diwujudkan kadang membuatku pusing, bahkan terpuruk. Sungguh! Kalian tidak pernah tahu, dan aku tidak pernah memberitahu kalian. Keluhan dari kanan, kiri, depan, belakang, sempat membuat aku ingin mundur. Tapi adanya kalian membuat aku semangat lagi. Hanya dengan perkataan sederhana yang sering aku dengar, "Bu, aku bawa jurnal." atau "Bu, aku mau presentasi."

Kalian tidak pernah tahu, kalianlah yang membuatku bertahan. Kalian yang membuatku tersenyum dengan celoteh kalian. Kalian yang membuatku punya bahan cerita untuk disebar. Kalian tidak pernah tahu bahwa aku bangga dengan presentasi kalian. Bahkan aku tak mengira, kalian bisa menjelaskan sebaik itu. Mungkin, suatu saat, aku akan bercerita pada kalian. Dan, aku baru sadar, selama satu setengah tahun bersama kalian, aku tidak pernah berfoto bersama kalian.

Selamat berlibur, Diya, Salsa, Alika, Nadhia, Ica, Iza, Nabil, dan Tristan.
Tetap tulari aku dengan semangat kalian. Jangan merasa lelah memberiku semangat.
Sampai ketemu hari Rabu depan.

No comments:

Post a Comment