7.5.16

5 Mei 2016

 


5 Mei 2016. Tanggal tersebut bertepatan dengan 27 Rajab.
Artinya, pada satu hari, di Indonesia diperingati sebagai hari besar 2 agama yaitu Islam dan Kristen.

Umat Kristen memperingati 5 Mei sebagai hari Kenaikan Isa Al'masih. Mereka meyakini bahwa hari kenaikan Isa Al'masih atau Yesus Kristus adalah peringatan naiknya Yesus ke surga. Setelah memberikan pesan terakhir kepada pengikut-pengikutnya di bukit Olivet dekat kota Yerusalem, mereka menyaksikan Yesus terangkat naik ke langit hingga akhirnya tidak terlihat karena tertutup awan. Peristiwa ini selalu dirayakan pada hari ke-40 atau hari kamis ke-6 setelah minggu Paskah. (Sumber: www.liburnasional.com)

Umat Islam memperingati 27 Rajab dalam kalender Hijriah sebagai Isra Mi'raj Nabi Muhammad SAW. Isra Mir'aj adalah peringatan dua peristiwa berbeda yang sangat penting dalam ajaran Islam. Dalam kejadian Isra, diceritakan tentang perjalanan Nabi Muhammad SAW dari Masjidil Haram di Mekah ke Masjidil Aqsa di Yerusalem. Dari Masjidil Aqsa, Nabi Muhammad SAW dinaikkan ke langit sampai ke Sidratul Muntaha yaitu tempat tertinggi. Kejadian ini dikenal sebagai Mi'raj. Di sinilah Nabi Muhammad mendapat perintah untuk melakukan salat 5 waktu.

Bagi saya, tanggal ini adalah tanggal istimewa. Dua-duanya diperingati sebagai hari kenaikan oleh dua keyakinan yang berbeda. Dua-duanya diperingati pada hari yang sama. Berbeda keyakinan bukan berarti saling membenci. Berbeda keyakinan bukan berarti saling berdebat tentang keyakinan yang benar. Masing-masing meyakini kebenaran sesuai dengan keyakinan masing-masing. Lakum diinukum waliyadiin.Bagimu agamamu, bagiku agamaku. Mari kita hidup bersama dalam perbedaan kita. 

No comments:

Post a Comment